Rabu, 04 Desember 2013

"aku, dia, dan ka ben" part 3


  Setelah kejadian di bromo. Gue udah ga deket lagi sama ajeng. Gue juga mulai ngejauhin ka ben. Mungkin bener untuk kali ini, gue harus mengalah. Untuk sahabat gue. Gue sayang sama ka ben, tapi mungkin ajeng lebih sayang sama ka ben. Belajar mengikhlaskan cinta untuk sahabat kita. Belajar melupakan semua kenangan gue sama ka ben. Lagian mungkin mudah melupakan ka ben, 2 bulan lagi ka ben ujian nasional. Terus keluar dari sekolah, itu mempermudah gue buat ngelupain dia!.

“ hai aqila.” Kata ajeng yang kemudian mengambil posisi duduk di samping gue. Kebetulan guru jam pertama belum masuk kelas.
“hai” kata gue berusaha tersenyum

“maafin gue ya la, tapi makasih banget lo udah mau dengerin gue buat jauhin ka ben. Gue yakin lambat laun ka ben pasti bisa lupain lo. Terus kaya gini ya la. Jangan deketin ka ben lagi, gue mohon. Lo memang sahabat terbaik gue.” Kata ajeng lalu memeluk gue, yang masih diam terpaku.
Gue ga kuat untuk menahan air mata. Akhirnya setelah gue berusaha menahan air mata ini, gue berlari ke toilet.

Ketika d tangga air mata gue jatuh tak tertahankan, gue menutup mulut gue agar suara tangisan gue ga di denger sama orang lain.
“aqila” kata seseorang, lalu gue menoleh dan di situ ada ka ben. “kamu kenapa lagi?” lanjutnya.
gue menangis, dan terus berjalan ke arah toilet, gue ga sanggup kalau masih harus menatap ka ben. Ka ben menarik  tangan gue, dan membawa gue ke tempat rahasia kami di belakang sekolah. Dulu kami biasa pakai tempat itu untuk bercerita, dan kumpul2 sama anggota pecinta alam.

“kamu kenapa sih? Mulai dari bromo kamu nangis terus. Tapi kamu ga pernah kasih tau kenapa kamu nangis. Sekarang cerita dong la, kamu ga bisa terus terus kaya gini.” Kata ka ben
“ini urusan aku ka.” Kata gue ga berani menatap mata ka ben.
“kamu kenapa sih la? Tatap aku la.. kalau aku punya salah sama kamu aku minta maaf” kata ka ben merasa khawatir.

“kaka ga salah apa-apa. Oia ka, mulai sekarang jangan pernah deketin aku, mulai sekarang jangan ganggu aku, mulai sekarang jangan pernah sapa aku, dan mulai sekarang aku…….. aku….. aku keluar dari ekskul ‘pecinta alam’!!!” kata gue dan seketika air mata mengalir hebat
Ka ben terbong-bengong melihat gue berkata seperti itu. Gue menghapus air mata dengan selembar tissue lalu segera akan meninggalkan ka ben. Tiba-tiba tangan gue di pegang ka ben, lalu dia memeluk gue

“kamu ngomong apa sih la, aku ga ngerti maksud kamu!! Kamu kalau ada masalah cerita, jangan tiba-tiba ngomong gitu.” Kata ka ben tetap berusaha memeluk gue, yang meronta-ronta berusaha melepaskan pelukan ka ben.

“udah ka, lepasin aku! Plis mulai sekarang lupain aku ya, kalau perlu anggep aja kita ga pernah kenal!” kata gue sambil berhenti meronta-ronta, berharap ka ben melepaskan pelukannya.

“apa-apaan sih kamu! Kenapa tiba-tiba kaya gini? Kenapa juga aku harus lupain kamu. Kamu pikir aku bakal lepasin kamu gitu aja?” ketika itu pelukan ka ben mulai melonggar, lalu gue segera berlari. Gue segera pergi ke toilet dan gue segera nangis sejadi-jadinya.
Mungkin ini yang terbaik buat ka ben.
Mungkin ajeng yang terbaik buat ka ben, bukan gue.

Hari ini prom night buat angkatan ka ben, semua kelas di undang untuk memeriahkan acara.  Tapi gue memilih untuk tidak datang ke prom. Gue ga sanggup aja ngeliat ka ben , berpakaian rapi dengan kemeja dan jas lalu nyamperin gue dan mengucapkan salam perpisahan.
Jadi gue memilih rebahan di rumah, dan kemudian ada sebuah sms masuk.
From : ka ben
Hai aqila, aku harap kamu bisa datang ke prom malem ini.
ini malem terakhir aku di sekolah, masa kamu tega
ga ngucapin salam perpisahan buat kita.
datang ya..
                                                                 Love

Ketika membaca pesan itu, gue rasanya ingin banget datang ke prom untuk ngucapin salam perpisahan untuk ka ben, melihat wajahnya saat prom, melihatnya berpakaian rapi, melihatnya nanyi-nyanyi. Tapi gue menahan rasa tersebut. Gue harus menghargai ajeng. Jadi gue memutuskan untuk tidak ikut datang ke prom malam ini.
Besoknya,,
Hari ini gue sekolah seperti biasanya, bedanya hari ini sekolah terasa lebih sepi karna ga ada anak kelas 3.ketika sampai di kelas, temen gue lili menghampiri gue. Kebetulan kelas masih sepi,
“ini dari ka ben tadi malem.” Kata lili sambil menyerahkan sebuket bunga mawar putih, boneka teddy bear coklat, dan sebuah surat.
“makasih li,” kata gue sambil menerima semua pemberian ka ben.
Sesampainya di rumah gue membaca surat dari ka ben.
Aqila,
Benerkan prediksi aku, hari ini kamu ga akan dateng di acara prom.
padahal aku berharap malem terakhir aku di SMA, aku bisa bareng-bareng sama kamu.
Maaf kalau aku punya salah sama kamu,
maaf udah buat kamu ga nyaman sama aku,
maaf udah buat kamu ingin ngejauh dan ngelupain aku.
Kamu tau kan, kalau akau sayang sama kamu. Dan akan terus sayang sama kamu
walau kamu minta aku lupai kamu, aku ga akan pernah lupain kamu.
bahkan setiap detik yang pernah kita lewatin bersama, aku akan selalu mengingatnya.
Oh ya la, aku keterima di IPB, bogor.
jurusan kehutanan, aku masuk lewat SBMPTN,
dan setelah acara prom, aku langsung berangkat ke bogor. Untuk daftar ulang keesokan harinya.
maaf aku ga bisa pamitan secara langsung, aku di buru sama waktu.
aku harap kamu ngerti. Makasih banyak ya la, untuk 1 tahun kemaren.
Sukses belajarnya,
masuk IPA ya!!
nanti kalau kita udah sama-sama sukses, aku pasti nyari kamu lagi.

Bye…
                                                     _Ben_

Sedih sih pas baca surat ka ben. Tapi mau gimana lagi, semua udah terlambat. Dia udah pergi juga.
sekarang gue harus mulai hidup baru tanpa ka ben. Gue harus kuat! Kalau jodoh juga nanti gue pasti ketemu lagi.

8 tahun kemudian :

Hari ini gue menghadiri acara reuni akbar. Gue seneng bisa kumpul sama temen-temen SMA lagi. Udah lama banget gue ga ketemu mereka, maklum saja. Setelah lulus SMA, gue melanjutkan kuliah kedokteran gigi di UNSOED purwokerto, jadi hilang kontak dengan temen-temen SMA. 1 tahun kemaren gue selesai intersip di daerah pedalaman. Sekarang gue sudah bekerja di rumah sakit swasta di bandung sebagai dokter gigi.
Hari ini, gue memakai short dress berwarna merah, sepatu high heels 8 cm. gue memacu mobil putih gue menuju SMA gue dulu.

Setelah gue sampai, gue bergegas masuk ke tempat acara reuni.
Gue melihat sosok pria yang menjadi tujuan awal gue menghadiri acara reuni.
Ka ben!

Dia sekarang tampak lebih dewasa, dengan kemeja merah dan dasi hitam yang senada dengan warna gaunku.

Gue melihat ka ben, ka ben juga melihat ke arah gue. Kami berjalan saling mendekat, gue bener-bener kangen sama ka ben. Sampai saat ini ga ada 1 orang pun yang bisa gantiin ka ben d hati gue.
“aqila?” Tanya ka ben ragu, gue mengangguk pelan.
“ka ben. Ga banyak berubah ya padahal udah 8 tahun yang lalu” kata gue sambil menelusuri wajah ka ben.
“kamu tambah cantik, aku denger sekarang  kamu udah jadi dokter gigi ya?” kata ka ben
“ia. Tahun lalu aku baru selesai intersip ka. Kaka sendiri aja ?” tanay gue
“a…a..ku sama tunangan aku.” Jawab ka ben, yang membuat gue seakan mau mati saat itu juga. Ka ben dlu janji bakal nyari gue kalau udah sukses, mana buktinya. Sekarang dia datang ke reuni kami dengan tunangannya. Siapa sih cewe yang berhasil ngambil hati ka ben!

“o..ohh s..a..ma si.siapa?” Tanya gue terbata-bata.

“hai aqila” sapa seorang cewe sambil menggandeng tangan ka ben.
“long time no see” lanjut cewe itu lagi, membuat hati gue remuk bahkan hancur!!
Tunangan ka ben itu, ajeng!!! Ajeng!! Rasanya saat itu juga gue ingin meledak, gue ga mampu menahan air mata. Gue segera lari ke parkiran mobil dan berniat untuk pulang.
·         1 minggu kemudian *

“aqila itu ada temen kamu.” Teriak ibu dari ruang tamu, gue segera menuju ruang tamu.
Ketika melihat ka ben berdiri di sana, rasanya gue pingin kembali masuk kamar dan meminta ibu mengusirnya tetapi keinginan gue itu terlambat karna ka ben udah memegangi tangan gue.

   “ aku mau minta maaf sama kamu, kalau aku punya salah kamu la. Aku harap kamu mau maafin aku. Aku udah sangat hancur ketika mengetahui kamu akan menikah dengan pria lain selain aku. Ketika mendengar berita itu, rasanya masa depan aku hancur. Rasanya sia-sia saja aku sukses seperti ini, aku hampir gila ketika tau kamu akan menikah dengan pria lain. tapi saat aku jatuh, ada ajeng yang bantu aku berdiri kembali. Dia selalu ada saat aku hancur la, dia selalu ada bahkan disaaat moment paling menyakitkan dalam hidup aku, yaitu saat aku denger kamu mau menikah dengan pria lain. 
        Mulai saat itu ak jatuh cinta sama ajeng.
aku berusaha lupain kamu tapi susah la, tapi aku tahu diri. aku ga mungkin ngengganggu kamu yang udah punya pendamping hidup, mungkin lebih baik aku sama ajeng. Maafin aku, maafin aku yang ga pernah bisa ngelupain kamu.
Tapi aku sekarang dateng ke sini. Buat ngundang kamu dan suami kamu dateng ke acara pernikahan aku dan ajeng lusa. Aku harap kalian dateng”  terang ka ben sambil meneteskan air mata.

Mendengar kata-kata ka ben, aku nangis sejadi-jadinya.
Aku membuang surat undangan pernikahan dia dan ajeng. Aku langsung memeluk ka ben.

“siapa bilang aku sudah menikah??!!!! Siapa bilang aku punya suami??!! aku sama sekali belum menikah ka, bahkan calon suami pun aku ga punya??! Semenjak kaka lulus SMA, semenjak aku nerima janji kaka kalau kaka akan cari aku saat aku udah lulus. Aku selalu nunggu kaka, sampai sekarang aku berhasil jadi dokter gigi itu semua karna kaka. Karna kaka!!!!” ucapku jelas

Ka ben melihat mata gue, dia langsung memelukku lebih erat!
“ga la, kamu bohong! Kamu udah punya suami kan. Ajeng dan temen2 kelas kamu mengatakan itu sama aku!.” Kata ka ben histeris.

“aku belum nikah ka,, belum.. 8 tahun aku nunggu kaka. Dan sekarang kaka malah akan menikah dengan sahabat aku.” Kata gue sangat sedih.

“berarti ajeng yang buat info seolah-olah kamu sudah menikah. Biar aku melupakan kamu dan nikah sama ajeng. Brengsek! Aku ga bisa nikah sama ajeng kalau gini!!!!” kata ka ben. Dia melepaskan pelukan lalu menonjok tembok di sampingnya.
Gue menangis, rasa kecewa, rasa sakit hati, rasa sedih yang luar biasa bergabung menjadi 1.

“ka, kaka dengerin aku!. Semua udah terlambat ka. LUSA hari pernikahan kalian. Mungkin memang ajeng yang terbaik untuk hidup kaka. Aku ga apa-apa ka..” jawab gue sedih melihat ka ben yg tampak menyesal sekali.

“kamu yang terbaik buat aku aqila. Kamu” kata ka ben

“aku bisa kaka anggep adik kaka kan, kaka ga mungkin ngebatalin pernikahan kaka gitu aja. Gimana pun ajeng sahabat aku. Dia pasti sedih banget kalau samapai pernikahannya dengan kaka batal. Kaka yang bilang sendiri kan kalau kaka udah mulai jatuh cinta sama ajeng. Dia yang terbaik ka. Selamat menempuh hidup baru ka ben. Aku pasti akan datang ke pesta pernikahan kalian. Aku ga apa-apa. I’m promise” jawab gue langsung pergi masuk ke kamar.


Gue meminta ibu agar menyuruh ka ben segera pulang.


*********************************************************************************


“cinta ga selamanya harus memiliki. Di sinilah letak sebuah pengorbanan dan keikhlasan dari sebuah cinta. Mengorbankan ka ben menjadi suami sahabat gue. Dan mengikhlaskan ka ben, membangun hidup baru tanpa gue.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar